Seperti sebuah promosi, pembuatan konten marketing juga dibutuhkan adanya rencana dan strategi yang jitu agar produk yang Anda tawarkan tidak “lewat” begitu saja di internet tanpa ada yang meliriknya. Berikut 7 tips menyusun strategi konten marketing yang tepat sasaran.

  1. 1.      Pahami Tujuan dari Konten

Tahukah tujuan Anda dalam membuat konten? Tidak hanya sekedar mendatangkan banyak visitor, bagi pebisnis sebuah konten juga berfungsi untuk meningkatkan kepercayaan dan penjualan.

  1. 2.      Tentukan Sasaran Pasar

Untuk membuat konten yang tepat sasaran, tentukan sasaran siapa saja yang akan membaca dan membeli produk Anda terlebih dahulu. Tentukan laki-laki atau perempuan, tentukan range umurnya, tentukan pekerjaan, hobi, dll.

  1. 3.      Kumpulkan Data

Pengumpulan data yang dimaksud disini adalah misalnya Anda memiliki konten “sport”, maka setelah meakukan riset data yang dapat Anda kumpulkan seperti:

-          Range umur sekitar 15-30 tahun

-          Laki-laki dan perempuan

-          Sebagian besar berprofesi sebagai direktur, CEO, maanager, yang sibuk sehingga tidak ada waktu untuk berolahraga

-          Dan seterusnya

  1. 4.      Buatlah Pemetaan Konten

Ada 3 macam konten marketing untuk bisnis, yakni pengenalan, branding, dan penjualan. Hal tersebut harus Anda pisah. Seperti ini contohnya:

-          Pengenalan        : olahraga bulu tangkis untuk kesehatan tubuh

-          Branding             : racket bulu tangkis yang ringan dan awet

-          Penjualan           : toko “sport special” tempat penjualan racket bulu tangkis berkualitas

  1. 5.      Prediksi Kapan Mereka Muncul

Misalnya orang kantoran yang sibuk, pasti mereka akan “on” membuka internet saat malam hari, maka postinglah konten yang sudah dibuat saat malam.

  1. 6.      Promosi Konten

Promosi juga termasuk dalam pentingnya menyusun strategi konten marketing. Email list adalah strategi promosi konten yang efektif. Selain itu, Anda juga dapat share konten yang telah dibuat ke sosial media.

  1. 7.      Analisislah Hasil Kerja

Cara membuat konten marketing untuk meningkatkan penjualan yang terakhir dengan cara menganalisis dan mengukur kerja yang telah Anda lakukan. Alat ukur yang gratis dan mudah didapatkan adalah google analytics. Silahkan instal aplikasi tersebut untuk mengetahui hasil dari pembuatan konten Anda.

Strategi konten marketing tepat sasaran sangat dibutuhkan agar produk Anda banyak terjual dipasaran. Silahkan mencoba mulai dari tahap pertama hingga akhir.

 
Keywords : tips menyusun strategi konten marketing,pentingnya menyusun strategi konten marketing,strategi konten marketing tepat sasaran,membuat konten yang tepat sasaran,konten marketing untuk bisnis,konten ma