Pengguna internet seringkali memakai password kata dan angka yang sangat mudah diingat demi mengamankan akunnya. Namun kenyataannya, langkah itu bukan yang paling tepat. Makin banyaknya peretas untuk membobol akun pengguna internet mendorong untuk lebih waspada dan sadar keamanan identitas virtual. Apabila tidak, bersiaplah utnuk menjadi korban dari kerjahatan para cyber.

Demi menghindari hal itu, berikut ini merupakan tips dalam membuat password yang aman dan tak mudah untuk dibobol, antara lain:

Hindari aspek personal

Walau mudah diingat, bukan berarti angka dan kata yang digunakan sangat aman. Terlebih lagi jika berhubungan dengan personal misalnya tanggal lahir, nama peliharaan, nama pasangan, dan alamat tempat tingga bukan hal yang tepat dilakukan. Sebelum akun diretas, hacker bakal mencari latar belakang para calon korban. Keamanan akun bakal diretas dengan mudah. Maka dari itu, penggunaan password tipe personal sangat tak disarankan.

Kombinasi angka, kata, dan symbol

Jangan pernah menganggap remeh kata dan huruf. Walau tampak berlebihan, password tipe ini tergolong sangat kuat. Misalnya ‘teabrown227’. Demi memecahkan password ini, mesin enkripsi memerlukan waktu sekitar 227 juta tahun.

Gunakan tiga kata yang beracak

Kalimat acak dengan makna yang tak berkaitan dianggap sebagai password yang mempunyai keamanan yang kuat. Bukan hanya itu, upayakan untuk menggabungkan minimal 3 kata demi mengamankan identitas, misalnya ‘Thebrownpicture’. Keamanan jaringan untuk sistem enkripsi membutuhkan waktu sekitar 35.000 tahun untuk meretas password itu.

 
Keywords : teknologi,enkripsi password,password kuat