PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN merencanakan untuk membangun interkoneksi jaringan listrik di seluruh provinsi Kalimantan. Interkoneksi yang diberi nama sistem khatulistiwa ini untuk mengatasi keterbatasan daya listrik dalam mengaliri semua area di Kalimantan.

PLN bakal menyambungkan dua sistem Kalimantan yaitu Sistem Barito dan Sistem Mahakam menjadi jaringan interkoneksi. Sistem Barito melingkupi area Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Sementara Sistem Mahakam meliputi area Kalimantan Timur sampai Kalimantan Utara.

Riza Novianto Gustam selaku Manager Umum PT PLN Kaltim dan Kaltara menjelaskan bahwa terdapat empat provinsi yang kedepannya bakal terkoneksi dari dua sistem interkoneksi listrik. Cuma Kalbar yang memiliki sistem listrik sendiri mengingat lokasinya yang jauh dari Kalteng.

Sekarang ini, PLN dalam proses pembangunan infrastruktur listrik Kalimantan Utara supaya terkoneksi dengan Sistem Mahakam. Interkoneksi melalui pembangunan infrastruktur jaringan listrik menghubungkan dua kota yang terpisah yakni Tanjung Selor Bulungan (Kalimantan Utara) dan Tanjung Redeb Berau (Kalimantan Timur).

Pada prosesnya, Sistem Mahakam bakal memiliki kapasitas sumber daya listrik senilai 760 MW penggabungan dari dua provinsi Kaltim dan Kaltara. Sistem Mahakam ini mempunyai kapasitas daya 560 MW sementara Kaltara berkapasitas sebesar 200 MW. Hanya tinggal sedikit lagi sampai jaringan ini benar-benar tersambung.

 
Keywords : pln,berita pln,tariff pln hari ini