Untuk yang senang dengan olahraga lari dan mau mencatat waktu yang terbaik untuk dapat ditempuh, sebuah alat yang dikembangkan ilmuwan Wyss Institute and Harvard School of Engineering and Applied Sciences mungkin dapat membantu.

Sistem exosuit yang dikembangkan oleh ilmuwan menghasilkan peningkatan kinerja atletik. Exosuit yang memiliki bentuk layaknya celana pendek itu dinyatakan dapat memotong waktu rata-rata marathon dari 9:14 menit per mil menjadi 8:49.

Pencapaian ini adalah pengurangan yang sangat menakjubkan. Alat ini bekerja untuk memberikan pengaruh kepada sendi pinggul dengan memakai kabel tipis yang fleksibel dan membantu otot pada setiap langkah kaki.

Kabel ini terhubung ke exosuit pada bagian belakang paha dan sabuk pinggang, dan dapat mengurangi biaya metabolism berlari sebanyak 5,4%.

Ketika seseorang yang mengenakan exosuit lalu berlari di atas treadmill, unit penggerak menarik kabel, yang bertindak sebagai sepasang otot ekstensor pinggul kedua yang memberi kekuatan pada kaki dengan setiap langkahnya.

Ke depannya, tim berharap untuk bisa menciptakan teknologi yang dapat dipakai untuk meningkatkan kinerja atlet atau pemulihan sesudah cedera.

 
Keywords : teknologi baru,inovasi teknologi olahraga,alat lari,exosuit adalah,exosuit