Dari hasil studi yang dilakukan oleh University of California, San Francisco dan aplikasi pendeteksi detak jantung Cardiogram, smartwatch milik Apple dinyatakan lebih akurat adanya gangguan jantung.Penelitian yang dimulai tahun 2016 itu ditujukan untuk mengetahui seberapa baik perangkat seperti Apple Watch dalam mendeteksi adanya gangguan di jantung seseorang.

Untuk mengujinya, peneliti mengembangkan algoritma khusus berdasarkan kecerdasan buatan.Sistem itu dipakai untuk mendeteksi jaringan syaraf dalam sehingga bisa dipercaya untuk mengidentifikasi irama jantung yang tak normal. Mereka memakai data detak jantung yang dikumpulkan dengan perangkat Apple Watch dari 6.158 responden.

Dari hasil, perangkat lunak yang memakai teknologi AI tersebut bisa mendeteksi anomaly dalam detak jantung seseorang sebesar 97 persen.Peneliti mengungkapkan bahwa hasil penelitian ini cukup penting sebab atrial fibrillation penyebab seperempat dari semua stroke.

Tetapi sekitar dua pertiga  jenis gagal jantung bisa dicegah dengan obat yang relative murah. Mereka juga mengungkap studi ini membuktikan bahwa Apple Watch bisa dipakai untuk mendeteksi penyakit jantung.

 
Keywords : smartwatch,teknologi smartwatch,aplikasi baru,smartwatch apple