Silicon Valley adalah suatu daerah penghasil usahawan sukses di bidang IT yang asal mulanya berada di negara Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri juga akan dibangun Silicon Valley di daerah Bandung dalam waktu dekat ini. Para pengusaha startup yang masih baru merintis juga bisa merintis Silicon Valley ini namun ada kiat-kiat tersendiri agar bisa sukses dan berhasil.

1. Jiwa pemimpin
Kunci keberhasilan startup yang pertama adalah berjiwa pemimpin. Silicon valley memiliki usahawan yang mampu bersaing dengan mendirikan organisasi untuk menarik minat usahawan lainnya untuk mau bergabung. Tentu itu bukan suatu hal yang mudah untuk membuat percaya banyak orang ikut dengan bisnis yang kita rintis. Jiwa pemimpinlah yang bisa melakukannya tanpa takut tantangan di depannya.
Ingatlah bahwa tidak ada orang bodoh yang berkumpul di area Silicon Valley, mereka punya totalitas kerja yang tidak bisa diragukan lagi dan anda sebagai pemula haru mampu belajar dari itu semua agar bisa bersaing dan jangan pernah menyerah mewujudkan visi.

2. Bebas berekspresi
Membiarkan karyawan berekspresi adalah cara startup untuk sukses berikutnya. Berikan kebebasan kepada karyawan di perusahaan yang anda pimpin. Ini adalah suatu bentuk motivasi yang bisa dibentuk oleh individu sebagai karyawan dalam menjalankan misi bisnis yang anda bangun. Dengan memberinya kebebasan maka dengan sendirinya kemandirian dan tanggung jawab akan terbentuk dan loyalitas kerja akan semakin terlihat.

3. Jadilah konsumen
Kunci keberhasilan startup di Silicon Valley selanjutnya adalah jadilah konsumen atau pengguna maka anda akan tahu apa kebutuhan konsumen yang sebenarnya. Sehingga platform yang anda hasilkan akan tepat sasaran.

4. Pertimbangkan investasi
Tips untuk sukses terakhir adalah perhitungkan perpanjangan visi bukanlah keuntungan materiil semata. Keberhasilan startup di silikon valley sangat berhubungan dengan banyaknya investasi yang diterima sebagai berjalannya visi sehingga pebisnis startup juga sangat bergantung pada VC yang mampu menghubungkannya dengan jaringan yang lebih luas lagi.

Itulah beberapa kiat pengusaha startup agar bisa sukses menjalankan bisnis di silicon valley. Jadilah pengusaha yang cerdas dan konsisten dalam membangun visi misi agar mencapai hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk selalu menerapkan kunci keberhasilan startup diatas.

 
Keywords : kunci keberhasilan startup,cara startup untuk sukses,kiat pengusaha startup,Tips untuk sukses