Anda memiliki sebuah startup  dan sedang berencana untuk menggalang dana dari VC? Berikut 6 langkah mudah untuk mendapatkan dana dari VC menurut Shaun DiGregorio dari Frontier Digital Ventures, Yanai Oron dari Vertex, dan Eden Shochat dari Aleph VC:

1. Fokus untuk Mengatasi masalah

Eden mengatakan startup seharusnya menyelesaikan masalah dengan startup -nya. Yanai sependapat dengan alasan ini, ia mengatakan firmanya berkenan untuk mengucurkan dana apabila mereka percaya kepadapara pendiri serta masalah yang ingin diatasi. Bahkan jika startup tersebut belum memiliki traksi sama sekali.

2. Bangun tim yang solid

Eden menyarankan agar pendiri startup membangun tim yang solid sertavfokusvpada startup yang dibangun. mereka jugavmengatakan para investor perluvyakin dan mempercayaivpara pendiri startup sebelum mereka mengucurkan dana.

3. Paham dengan pasar yang dimasuki

Sebuah startup sangat berharga apabila mereka mampu mendemonstrasikan pengetahuan akan dinamika pasar yang mereka tuju. Ini bisa lewat pengalaman para pendiri maupun riset menyeluruh yang sudah mereka lakukan.

4. Waktu

Para investor mengakui mereka sedikit ragu untuk berinvestasi pada startup yang masih terlalu dini atau belum waktunya. Eden mengatakan bahwa risikonya masih besar bagi startup yang terlalu dini dari pada startup yang lambat masuk.

5. Tampilkan product-market fit

Menggalang dana akan lebih mudah jika para pendiri berusaha keras menvalidasi ide dengan pelanggan potensial. Shaun menyetujui pendapat ini dengan alasan penting bagi firmanya untuk melihat kecocokan antara pasar , entrepreneur, dan ide.

6. Bicara kepada beberapa investor

Eden menyarankan pendiri untuk mencipt akan situasi pendanaan kompetitif semampu nya. Inidilakukan untuk memberikan rasa khawatir akan tertinggalkepada VC. Padaakhirnyabeberapa ide akan berbeda tanggapannya pada sejumlah orang yang berbeda pula.

 
Keywords : tips pendanaan,funding startup,funding venture capital,tips pitching startup