Sekarangsemua orang membicarakan Cloud, baik di media massa, elektronik, dansebagainya. Tahukah Anda? Teknologi cloud sudah ada sejak tahun 60-an. Teknologi tersebut merupakan teknologi cloud yang menyatu dengan computing resources melalui jaringan global. Seiring perkembangan jaman, teknologi cloud ini berevolusi dari grid computer, virtualisasi dan Software as a Service (Saas) hingga menjadi Cloud Computing seperti sekarang ini.

Pada awalnya teknologi cloud berkembang bersamaan dengan perkembangan internet dan web. Tapi, dikarenakan saat tahun 1990-an terjadi perubahan teknologi bandwith yang cukup besar maka internet lebih dahulu berkembang dibandingkan dengan cloud.

Beberapa batu loncatan telah beberapa kali muncul dari tahun 1999 sampai dengan 2006, di mana pada tahun ini banyak berbagai macam web yang dikomersilkan oleh beberapa individu ataupun perusahaan untuk  menyewa komputer atau server agar dapat menjalankan aplikasi mereka.

Sedangkan batu lompatan terbesar dan cukup drastis dimulai sejak tahun 2009 dengan Web 2.0 yang mencapai tempat tertinggi. Kemudian di susul oleh Google yang menawarkannya pada perusahaan-perusahaan besar.

Di indonesia sendiri, teknologi ini sedang banyak diminati sejak tahun 2012 kemarin. Berbagai perusahaan di indonesia mulai menyadari betapa penting dan efektifnya teknologi cloud ini, sehingga banyak dari perusahaan ataupun individu yang menggunakananya membuat perkembangan cloud di indonesia cukup cepat.

Teknologi cloud sendiri memang sangat efektif dan efisien apabila digunakan dalam urusan berbisnis. Contohnya: Sebuah perusahaan perusahaan IT menggunakan Data Storage sebagai bagian dari arsipdatabase-nya, maka perusahaan tersebut belumlah maksimal.Mengapademikian? Penyebabnyaadalah mereka harus memiliki dan merawat infrastruktur yang memakan waktu serta biaya tambahan apabila terjadi kerusakan. TapidenganCloud Storage, investasidankepemilikaninfrastrukturakanterpangkassehinggahanyatinggalbiayaoperasional.

Karakteristik lain darilayanan Cloud iniadalahfleksibilitasdariinfrastruktur yang tidakharu sberada di dalamjaringan alias tidakharustersambung langsungdengan device yang mengakses, melainkanbisaditempatkandimanasaja. Dan penggunabisa mengakses darimanasajadanmenggunakan device apasajaselama compatible dantersambungke internet. Otomatismemudahkanpenggunauntukbekerja, darirumahmisalnya

56% ahli di Eropamengatakanbahwa Cloud sudahharusmenjadibagianintiperusahaanpadatahun 2013 – 2014 dimana 30% budget IT hendaknyadialokasikanke Cloud (Compubase, 2012). Sehinggaindustri modern sudahdapatmengaplikasikanteknologi Cloud iniuntukkegiatan IT di perusahaan.

Walaupundemikian, di Indonesia sendiri pengaplikasian teknologi ini belum maksimal. Dimanakendala utama para pelakubisnisadalahseputarkeamanandan privacy apabilamengadaptasi Cloud. Hal inimenyebabkanpertumbuhan Cloud di Indonesia akansangatlambatdibandingkan di Negara-negaraberkembang.

Namun, seiringwaktudankebutuhanperusahaan yang selalumenginginkan cost yang relatifkecildanpekerja yang harus dituntut selalu mobile akanmemudahkan teknologi Cloud untuk diadaptas iolehseluruh pelaku bisnis di Indonesia. So, it is not that cloudy right?

 
Keywords : teknologi cloud computing,cloud computing adalah,sistem aplikasi cloud