CRM (Customer Relation Management) merupakan salah satu sistem atau aplikasi yang saat ini digunakan oleh banyak perusahaan. Pengertian lain  CRM adalah sebuah sistem informasi yang terhubung dengan perencanaan, penjadwalan, dan aktivitas penjualan. 

Aplikasi CRM sendiri terdiri dari Sales Force Automation, Technical Support, dan Field Service. Hampir semua hal yang berhubungan dengan pelanggan terkait dengan CRM. Sasaran utama dari CRM adalah untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan dengan cara menyediakan umpan balik yang lebih efektif dan terintegrasi satu sama lain.

Seperti yang Anda ketahui bahwa pelanggan merupakan sebuah bagian yang tidak akan pernah bisa lepas dari mata rantai perusahaan. Tanpa pelanggan perusahaan tidak akan bisa maju, dengan adanya pelanggan inilah perusahaan dapat menjual barang ataupun jasa. Sehingga semakin banyak pelanggan, semakin cepat juga perusahaan akan dapat berkembang.

Tapi tahukah Anda? Seiring berjalannya waktu berbagai perusahaan baru mulai bermunculan, mereka datang dengan membawa berbagai macam inovasi dan teknologi terbaru. Hal ini jelas membuat banyak sekali pilihan untuk pelanggan, sehingga apabila pelanggan kurang puas dengan pelayanan yang ada mereka dapat berpindah ke perusahaan yang lain.

Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah perusahaan harus ikut serta dalam berinovasi dan mengikuti perkembangan teknologi yang ada agar dapat bersaing dengan kompetitor. Salah satu inovasi yang terbaik adalah dengan menggunakan Aplikasi CRM.

Aplikasi CRM dapat membantu Anda untuk bersaing dengan para kompetitor, tapiwaspadalahkarenapara competitor akanmengawasigerak-gerikAndadanselaluberusahauntukmerebutpeluang yang Andamiliki. Untuk itulahMobile CRMditujukan.

Cara kerja dari Aplikasi Mobile CRM ini adalah dengan memanfaatkan teknologi cloud. Aplikasi tersebut akan diletakan pada jaringan cloud kemudian pengguna dapat mengaksesnya dari mobile.

Benefit yang Anda dapatkan dari penggunaan Mobile CRM ini adalah Anda tidak perlu lagi untuk merawat  berbagai perangkat yang biasa digunakan oleh CRM pada umumnya, karena semuanya akan mengikuti tren yang ada yaitu dengan menggunakan teknologi cloud.

Perbedaan yang dimiliki oleh Mobile CRM dengan CRM pada umumnya adalah Mobile CRM dapat Anda akses dari manapun Anda berada dengan  menggunakan Mobile. Sedangkan CRM pada umumnya hanya dapat Anda akses melalui komputer perusahaan. Hal iniakansangatmembedakandarisisipeluang yang bisaAndamaksimalkansecara real time apabilaAndaselaluterhubungdenganaplikasi CRM Anda. SehinggaAndatidakakankehilanganpeluangkapanpundandimanapunAndaberada.

Anda adalah ujung tombak perusahaan dimana penghasilan dan keuntungan perusahaan biasanya diperoleh dari kemampuan Anda mengubah peluang menjadi keuntungan. Aplikasi CRM akansanga tmembantu Anda dalam memproses peluang. Tetapi Mobile CRM akan selalu membuatAnda up-to-date terhadapsituasisehingga Anda dapat dengan cepat mencari solusi tanpa terkendala oleh jarak dan waktu.

 
Keywords : customer relation startup,mobilitas crm,crm adalah