Salah satu hal penting yang tidak dapat dilewatkan ketika menjalani bisnis startup ialah bagian modalnya. Anda wajib mempertimbangkan bagian tersebut jika ingin menempuh bisnis tersebut. Untuk mengatasi hal itu, anda dapat memilih jalur bootstrapping. Lalu apa yang dimaksud bootstrapping itu?

Bootstrapping ialah pilihan pendanaan operasional startup yang mana mengutamakan uang milik sendiri maupun tim pembentuk startup tersebut. Tentu saja hal yang satu ini berbeda jika dibandingkan dengan mencari modal dari investor ataupun pihak yang memberi modal lain. Bootstrapping lebih banyak keuntungannya. Ini dia kelebihan startup melalui bootstrapping?

1. Bisa terfokus pada produk

Ini merupakan kelebihan yang pertama dari menjalankan startup melalui bootstrapping. Apabila anda memilih jalur pendanaan dari investor, maka nantinya anda akan melakukan apapun untuk memenuhi ekspektasi mereka. Alhasil anda pun tidak dapat fokus terhadap produk utama yang anda keluarkan dan dapat melenceng dari jalur bisnis.

2. Memiliki kemudahan dalam proses penjalanan bisnis

Ini merupakan kelebihan startup melalui bootstrapping yang selanjutnya. Dengan bantuan dari bootstrap anda akan lebih luwes dalam mengeksekusi produk ke pasaran. Ini akan berdampak baik bagi usaha startup.

                Setelah tahu apa saja kelebihan menjalankan startup melalui bootstrapping, maka tiba saatnya anda tahu pula akan kekurangan startup melalui bootstrapping. Lalu apa saja kekurangan startup menggunakan bootstrapping itu?

  • Memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan modal, tentu ini akan menganggu konsentrasi usaha anda. Ini ialah kekurangan startup melalui bootstrapping yang pertama, selanjutnya:
  • Untuk jangka panjangnya, hutang yang anda sematkan pada teman maupun saudara akan meninggalkan perasaan hutang budi.

Mengerti akan apa yang dimaksud bootstrapping serta kelebihan dan kekurangan startup akan memberikan wawasan kepada anda tentang bisnis startup yang ditempuh, sehingga anda pun akan dengan mudah menumbuhkan ide-ide segar untuk kelangsungan usaha anda.

        Selain itu kelebihan dan kekurangan startup juga akan membuat anda lebih mengenal akan apa saja kekurangan startup menggunakan bootstrapping yang nantinya dapat anda antisipasi. 

 
Keywords : kelebihan dan kekurangan startup,apa yang dimaksud bootstrapping,menjalankan startup melalui bootstrapping,kelebihan startup melalui bootstrapping,apa saja kekurangan startup menggunakan bootstrappin