Istilah startup digital mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang, sedangkan UKM sudah banyak dimengerti oleh masyarakat luas. Kedua istilah tersebut harus dipahami secara jelas agar mampu membedakan startup digital dan UKM. Dengan mengetahui makna kedua istilah tersebut maka akan terlihat letak perbedaan startup digital dan UKM agar tidak tertukar maknanya.

Pengertian Startup digital dan UKM
Banyak yang belum mengetahui apakah yang dimaksud startup digital? Dapat diartikan sebagai dimulainya aktivitas bisnis atau perusahaan yang melibatkan teknologi. Bisnis ini mampu menumbuhkan kreativitas dan inovasi dari para pemilik perusahaan atau bisnis agar mampu terus bertahan dan mengurangi berbagai risiko yang muncul.

Secara umum, banyak masyarakat yang sudah mengetahui apakah yang dimaksud UKM, karena dalam keseharian ukm berada di sekitar kehidupan kita bahkan sudah tidak asing lagi. UKM  merupakan kependekan dari usaha kecil menengah. UKM  berbentuk usaha kecil yang dibentuk oleh masyarakat dalam perseorangan atau kelompok untuk memproduksi atau menjual produk.

Perbedaan Startup Digital dan UKM

Startup digital  dan UKM dilihat dari sisi perbedaan maka dapat disimpulkan perbedaan kedua bisnis tersebut,  yaitu :

1. Produk yang dihasilkan
Startup digital menghasilkan produk yang berupa jasa dan layanan. Produk yang dihasilkan tersebut tidak secara langsung dapat dirasakan manfaatnya melainkan harus melalui beberapa tahap. UKM menghasilkan produk yang berupa barang yang bisa dimanfaatkan langsung oleh pembeli, misalnya makanan, pakaian, dan peralatan rumah tangga.

2. Penggunaan teknologi Informasi
Startup digital sangat bergantung pada teknologi informasi untuk menghasilkan jasa dan layanan, dan keduanya saling berkaitan erat. Sedangkan UKM, menggunakan teknologi informasi sebagai penunjang promosi  produk saja.

3. Skala Produksi
Startup digital memiliki skala produksi yang cukup besar, hal ini dikarenakan startup digital mampu berproduksi tanpa dipengaruhi oleh faktor lain seperti tenaga pekerja dan bahan baku. Sehingga dalam  waktu yang singkat mampu memperoleh banyak pelanggan. Produksi UKM sangat bergantung pada sumber daya dan bahan baku, serta membutuhkan waktu yang lebih lama. Akibatnya nilai skala produksi tidak terlalu besar.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan startup digital dan UKM. Selain ketiga perbedaan di atas, startup digital dan UKM memiliki persamaan, antara lain, merupakan usaha yang dirintis berdasarkan ide dan kreativitas para pemilik usaha. Kedua bisnis ini dirintis dengan modal yang tidak terlalu besar, karena dimulai dari usaha berskala kecil serta terdapat manajemen di dalamnya.

 
Keywords : membedakan startup digital dan ukm,apakah yang dimaksud startup,apakah yang dimaksud UKM,letak perbedaan startup digital dan UKM,perbedaan startup digital dan UKM,startup digital dan UKM dilihat dari