PT Telekomunikasi Indonesia Tbk alias Telkom lewat program Indigo.id terus membangun sinergi dengan semua startup binaannya. Sinergi ini adalah salah satu usaha Telkom untuk menjadi Raja Digital di kawasan Asia Pasifik.

David Bangun selaku Direktur Digital dan Strategic Portofolio Telkom menuturkan bahwa sinergi ini sangat dibutuhkan dalam pengembangan ekosistem inovasi. Sampai sekarang ini, startup binaan dari Indigo.id tercatat mencapai 115 startup yang berasal dari Aceh sampai Sulawesi.

Ery Punta Hendraswara selaku Managing Director Indigo.id menambahkan bahwa sinergi startup dengan Telkom berada pada segala sektor termasuk diantaranya yakni Kofera, Goers, RUN System, dan Privyid.

Startup lain yang diprediksi bakal bersinergi dengan Telkom juga yaitu Sonicboom yang menawarkan komunikasi diluar pendengaran manusia alias ultrasonic dengan telepn genggam lewat suara. Sehingga akan banyak apps yang digabungkan dengan IndiHome serta bisa disinkronisasikan dengan televisi.

Indigo dapat menguatkan ekosistem startup lainnya. startup memiliki peluang sinergi dan pengembangan open innovation produk startup digital ke Telkom jadi sekaligus mendorong Gerakan Nasional 1000 Startup.

 
Keywords : indigo,telkom,startup indonesia,startup telkom,inkubasi startup telkom