Presiden Indonesia yakni Joko Widodo kini memiliki keinginan untuk membawa Indonesia menjadi Negara pelaku ekonomi digital terbesar di Asean pada tahun 2020 mendatang. Demi perwujudan harapan tersebut, ekosistem startup yang baik menjadi salah satu faktor untuk menunjang tercapainya keberhasilan.

Pada Negara Indonesia, ada beberapa perusahaan yang telah melakukan gerakan incubator startup. Misalnya program Google dengan tema “Launchpad Accelerator” dan Kibar yang memiliki tema “Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital”.

Yansen Kamto selaku Chief Executive KIBAR, menuturkan bahwa gerakan yang dilakukan telah mendatangi enam kota besar di Indonesia. Dari enam kota tersebut hanya tiga kota yang masuk dalam tahap inkubasi. Total keseluruhan ada 37 startup yang sudah masuk dalam tahap inkubasi.

Gerakan ini memiliki fokus pada startup yang mempunyai misi di ekonomi kerakyatan. Khususnya dibidang pertanian, kebudayaan, perikanan, kesehatan, dan pendidikan.

Gerakan Nasional 1.000 Startup ini telah memiliki 19.184 pendaftar namun hanya 3.354 aplikasi yang diterima oleh KIBAR. Gerakan ini juga memiliki lebih dari 139 mitra yang terdiri dari berbagai perusahaan di Indonesia.

Sementara itu, Launchpad Accelarator telah masuk ke angkatan yang keempat. Sampai saat ini, Google telah mengirim 20 startup Indonesia ke kantor pusatnya di California.

Launchpad Accelerator merupakan program yang diinisiasi oleh Google untuk membantu pertumbuhan startup dan memiliki komitmen untuk membina sejumlah startup berbakat di Indonesia, serta membantu pemerintah Indonesia menjadi Negara dengan perekonomian digital terbesar di Asia Tenggara.

Rudiantara selaku Menkomifo Indonesia mengatakan bahwa startup di Indonesia sudah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Namun Rudiantara berharap agar startup di Indonesia makin meningkat khususnya dibidang ekonomi kerakyatan.

 
Keywords : 1000 startup digital,startup,startup indonesia,1000 startup