Aplikasi iOS buatan developer dan startup Iran dihapus oleh Apple dari toko APP Store miliknya. Padahal, pada September 2016 lalu Apple baru saja membuka akses APP Store untuk para pembuat aplikasi dari negeri tersebut.

Aplikasi e-commerce Digikala adalah salah satu korban penghapusan yang saat ini tengah populer di Iran dan memiliki jutaan pengguna.

Beberapa hari lalu Digikala tetap dihapus oleh Apple, meskipun hanya menggunakan sistem pembayaran lokal bernama Shaparak. Aplikasi tersebut tidak terhubung dengan sistem pembayaran internasional.

App Store sebenarnya tidak tersedia untuk wilayah Iran. Namun, banyak perusahaan Iran meregistrasi aplikasi mereka di luar negeri agar bisa masuk ke toko aplikasi Apple itu.

Beberapa bank di Iran memiliki aplikasi untuk platform iOS yang dipasang ke iPhone dengan metode side-loading, tanpa perlu App Store atau jailbreak.

Diperkirakan terdapat 6 juta unit iPhone yang beredar di Iran. Ponsel tersebut tidak masuk secara resmi, tetapi diselundupkan dengan jumlah 100.000 unit tiap bulan.

Selain menghapus aplikasi bikinan developer Iran, Saat ini Apple juga dikabarkan menolak aplikasi yang diajukan dari Iran. Alasan yang disebutkan adalah absennya App Store di Iran.

 
Keywords : apple,applikasi apple,apple 2017