Menciptakan sebuah bisnis memang bukan perkara mudah. Ada banyak resiko jika suatu bisnis tidak disertai dengan strategi. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan lean startup machine. Bisa dikatakan ini adalah metode baru dalam mengembangkan pasar bisnis. Berikut ini akan dijelaskan definisi lean startup machine.

Apa itu lean startup machine?

Pada dasarnya lean startup machine adalah sebuah program atau perangkat yang membantu pebisnis untuk “meramal” bisnisnya. Lean startup merupakan suatu proses yang dilalui oleh pebisnis untuk mengembangkan pasar produk dengan terjun langsung dilapangan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui keinginan konsumen terhadap produk kita. Kita tidak akan pernah tahu apakah produk yang kita miliki selalu diterima oleh konsumen. Bisa saja produk yang kita ciptakan akan ditolak oleh konsumen. Tentu hal ini tidak diinginkan oleh pelaku bisnis.

Tujuan utama dari adanya lean startup machine adalah untuk meminimalisir pemborosan. Pemborosan yang dimaksud adalah mulai dari produksi dan pemasaran. Seorang pelaku bisnis tidak hanya bekerja di kantor dan duduk di kursi saja. Tapi ia harus bertemu langsung dan menjalin hubungan dengan konsumen. Bisa dikatakan ini adalah sebuah proses identifikasi pasar. Proses identifikasi pasar ini sangat membantu untuk menemukan validasi dan mengembangkan pasar.

 

Tahap validation board pada lean startup machine

Tampilan Validation board memang mirip seperti papan yang berisi tabel untuk menganalisa ide bisnis. Terlebih dahulu kita membuat rancangan bisnis. Baru setelah itu kita melakukan identifikasi pasar. Untuk menguji hasil penelitian pasar tersebut dilakukan dengan validation board pada lean startup machine. Tahap validation board antara lain customer hypothesis, problem hypothesis, core assumption, riskiest assumption, method, minimum success criteria, get out of building, invalidated or validated, pivot, dan solution hypothesis.

Banyak startup yang bermunculan, salah satu contoh startup di Indonesia adalah Davestpay. Startup ini bergerak dalam proses pembayaran dan pemesanan online. Perusahaan ini juga terus mengembangkan dan meneliti pasar. Itulah tadi penjelasan mengenai definisi lean startup machine. Semoga bermanfaat untuk anda.

 
Keywords : definisi lean startup machine,lean startup machine adalah,validation board pada lean startup machine,tahap validation board