Banyak cara dalam mengatasi Android lemot, mungkin beberapa cara di bawah ini pernah pengguna lakukan. Walaupun dilakukan karena alasan lain, sebenarnya mungkin hal itu memang harus dilakukan secara berkala. Berikut adalah 7 cara dalam mempercepat Android yang dapat dilakukan guna menjaga performa Android pengguna.

Perhatikan Jumlah Memori

Setiap smartphone dibekali dengan spesifikasi memori yang tidaklah sama. Selain RAM, kapasitas memori internal juga mempengaruhi performa smartphone. Ketika memori internal yang tersedia hanya tinggal sedikit, maka Android akan lemot, jadi sebaiknya hindari menyimpan banyak data sampai memenuhi memori internal.

Apabila pengguna sering menyimpan banyak data pada smartphone, upayakan untuk membeli smartphone yang dibekali dengan dukungan kartu memori atau pilihkan smartphon yang dibekali dengan memori internal luas.

Gunakan Aplikasi Serbaguna

Karena menginstall banyak aplikasi, terkadang justru membuat memori internal menjadi full. Sebaiknya install aplikasi yang mempunyai banyak fungsi. Apabila android sudah di root, salah satu aplikasi yang bisa digunakan misalnya Apps2SD. Karena dalam satu aplikasi pengguna dapat memperoleh fungsi yang banyak misalnya backup aplikasi, partisi SD Card, link aplikasi ke memory card dan lain-lain. Apabila belum di root, pengguna juga dapat memperoleh banyak fungsi serupa di Clean Master.

Gunakan 1 Aplikasi Antivirus

Jika pengguna percaya bahwa dengan adanya antivirus maka smartphone akan lebih baik, maka sebaiknya perhatikan hal ini.

Hampir sama dengan aplikasi bawaan sistem, aplikasi antivirus terus berjalan pada background. Dampaknya RAM pengguna bisa jadi boros, dan performa Android akan lemot. Jadi bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika pengguna menginstal lebih dari satu aplikasi antivirus pada Android.

Auto Kill

Jika sering melakukan multi tasking pada Android, tentunya sudah terbiasa untuk menemukan banyak aplikasi yang aktif pada ‘recent apps’. Dampak lanjutan ketikan banyak aplikasi yang berjalan di recent apps yaitu RAM semakin sesak dan Android menjadi lemot. Untuk menghindarinya gunakanlah fitur Auto Kill. Fitur ini bakal membuat aplikasi tidak bisa berjalan pada background, jadi Android pengguna tidak akan lemot.

Gunakan Aplikasi Berbayar

Menggunakan aplikasi gratisan memang menyenangkan, namun sebenarnya menginstall aplikasi gratis = itu sama dengan siap menjadi kelinci percobaan. Karena dengan memberikan aplikasi gratisan inilah pengembang bakal memperoleh banyak review untuk mengetahui bugs apa saja yang menimpanya.

Aplikasi gratisan juga membuat smartphone menjadi lemot karena banyaknya iklan yang disematkan di dalamnya. Jadi sebaiknya agar Android tidak lemot dan tidak terganggu oleh iklan yang membuat kuota cepat habis, maka gunakanlah aplikasi berbayar.

 
Keywords : mengatasi android lemot,tips root android,menambah kecepatan android,android hack