Gadget adalah alat komunikasi yang memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi dan melakukan beragam kepentingan sekaligus. Pengguna gadget semakin meluas dengan adanya anak-anak yang turut menggunakannya untuk kepentingan di usianya. Permainan yang bisa diunduh sewaktu-waktu membuat mereka semakin tidak bisa lepas dari gadget.

Kelebihan gadget bagi anak-anak

Kelebihan gadget untuk anak yang pertama ialah melatih kecepatan berfikirnya. Anak-anak yang suka bermain game dalam gadget akan termotivasi untuk menyelesaikannya sehingga secara tidak langsung mereka akan terlatih untuk berfikir lebih maju.

Yang kedua gadget untuk pertumbuhan anak dapat menumbuhkan rasa keingintahuannya. Mereka yang telah berhasil menyelesaikan satu permainan akan berusaha mengunduh permainan baru yang berbeda dengan sebelumnya, itu artinya mereka siap untuk menikmati tantangan yang sebelumnya belum pernah ditemui.

Kelebihan gadget untuk anak yang ketiga adalah memudahkannya berkomunikasi dengan orang tua dan lebih meminimalisir tindak kejahatan. Kapan waktu menjemput dan posisi anak dapat dipantau oleh orang tua masing-masing.

 

Kekurangan gadget untuk anak-anak

Namun penggunaan gadget bagi anak juga bisa menimbulkan masalah, kekurangan gadget untuk pertumbuhan anak yang pertama adalah menurunnya prestasi akademis akibat terlalu fokus dengan permainan gadgetnya. Dia akan terus penasaran dengan perkembangan game sehingga tidak fokus saat menerima pelajaran yang berakibat pada penurunan prestasi akademis.

Kekurangan gadget bagi anak selanjutnya adalah ketidak tahuan anak terhadap hal yang benar dan salah menjadi kerancuan tersediri yang menimbulkan hal negatif untuk pertumbuhan anak ke depannya. Salah satu contoh, gambar-gambar pada game yang terkadang seronok atau jalan cerita game yang terkadang mengandung unsur sara dan kekerasan mungkin dianggap sebagai suatu hal yang normal bagi anak karena ketidaktahuannya.

Gadget sebagai alat komunikasi yang umum tanpa ada batasan umur perlu diperhatikan terutama bagi pengguna di bawah umur.  Jika gadget diberikan untuk hal yang positif tentunya peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mengarahkan anak-anak mereka pada suatu hal yang semestinya.

 Sebaliknya jika hanya untuk kepentingan di luar sekolah lebih baik penggunaannya juga dibatasi untuk mencegah hal-hal yang tidak diharapkan. Apalagi mengingat banyaknya kekurangan gadget bagi anak.

 
Keywords : kelebihan gadget untuk anak,gadget untuk pertumbuhan anak,kekurangan gadget untuk pertumbuhan anak,kekurangan gadget bagi anak