Saat ini perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang sangat cepat dan memberi dampak pada bidang lain. Salah satu perkembangan teknologi yang saat ini sedang ramai dibicarakan adalah teknologi augmented reallity (AR), dan virtual reality (VR). Persamaan dari kedua kemajuan teknologi ini adalah sama-sama diaplikasikan dalam nyata dari dunia maya yang terintegerasi dengan berbagai perangkat.

Untuk teknologi augmented reality sendiri merupakan integrasi informasi dunia maya dengan dunia nyata dan ditambahkan informasi di atasnya. Dengan adanya teknologi augmented reality seseorang mendapatkan persepsi yang lebih jelas dalam berinteraksi dan membantu menyelesaikan pekerjaan dalam dunia nyata melalui penambahan benda maya.

Pemanfaatan teknologi AR saat ini telah berkembang dari bidang pemasaran hingga hiburan. Di bidang kesehatan, teknologi AR sudah bisa diterpkan melalui CT Scan atau MRI yang menjelaskan anatomi internal pasien kepada ahli bedah. Manfaat AR juga sudah bisa dirasakan untuk keperluan militer. Dengan adanya teknologi augmented reality prajurit atau tentara mampu berlatih seperti dalam perang sesungguhnya yang ditampilkan dalam dunia nyata melalui informasi dunia maya berupa game.

Salah satu aplikasi augmented reality yang saat ini bisa diakses adalah Ingress. Aplikasi game augmented reality ini merupakan besutan Google, dimana untuk memainkannya  kita hanya membutuhkan smartphone. Berbeda dengan augmented reality, teknologi virtual reality merupakan teknologi yang menjadikan Kita mampu berinteraksi dengan simulasi lingkungan oleh komputer.

Salah satu teknologi virtual reality yang saat ini sedang viral adalah Oculus rift dan Google cardboard. Melalui perangkat tersebut, Kita mampu merasakan pengalaman virtual berupa objek 3D. implementasi teknologi virtual reality diantaranya dalam bidang arsitektur, pendidikan, militer, dan hiburan. Beberapa aplikasi  virtual realitykhususnya dalam bidang hiburan game yaitu The Sims dan Haunted the horror experience.

Melalui teknologi virtual reality tersebut Kita seperti diajak ke dalam permainan secara nyata, merasakan atmosfer di dalam game bahkan suasana mencekam. Jika Anda berminat untuk mendapatkan aplikasi tersebut kini tersedia aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membeli berbagai voucher game yaitu Davestpay yang dapat diakses melalui gadget Anda.

 
Keywords : virtual reality sederhana,aplikasi virtual reality terbaik,aplikasi vr android terbaik,game vr untuk android