Apabila anda seorang yang sudah lama berkecimpung dalam dunia bisnis startup, maka sudah seharusnya anda mulai memperhatikan retensi customer anda. Sebelum anda menghitung lifetime value dari customer, ada baiknya anda merumuskan terlebih dulu seberapa lama mereka tetap setia menggunakan produk dari anda.

Cara menghitung customer lifetime value dapat dilakukan dengan mengetahui jumlah customer di akhir periode (E), jumlah cutomer baru yang diperoleh itu (N), jumlah customer di awal periode (S). Sama dengan formula CRR= ((E-N)/S)*100. Lalu bagaimana menghitung customer lifetime value dengan formula tersebut?

Berikut merupakan contoh cara menghitung customer lifetime value, misalnya anda memiliki customer di awal 200 (S), kehilangan 20 customer namun memperoleh 40 customer (N), sehingga selama usai periode anda memiliki 220 customer (E), formulanya ((220-40)/200)*100=90. Dapat diartikan anda memiliki tingkat retensi 90%.        

Nah, sebenarnya mudah saja menghitung lifetime value dari customer ini namun anda tidak boleh mempergunakan cara ini untuk menemukan berapa jumlah rata-rata di semua customer anda. Melakukan pencarian pada customer lifetime pada startup bisnis dengan data yang luas berikut dapat memberikan hasil data yang memiliki kecenderungan merusak apabila anda tak berhati-hati.

Sebaiknya, anda mulai mempelajari terkait bagaimana menghitung customer lifetime value menggunakan formula di atas. Menentukan jumlah customer lifetime value itu merupakan suatu hal yang sangat penting, hal ini dikarenakan customer lifetime value dapat mengakibatkan suatu bisnis startup mati maupun hidup.

Usai anda tahu berapa jumlah customer lifetime pada startup bisnis, maka selanjutnya yang mesti dilakukan ialah meningkatkan customer lifetime value di startup. Jika customer semakin mengalami peningkatan, tentu dampaknya juga akan baik terhadap berjalannya bisnis anda.

Anda dapat meningkatkan customer lifetime value di startup dengan menetapkan fokus target customer untuk bisnis anda. Dengan begitu, akan lebih mudah dalam menarik perhatian dari customer. Selain itu, menentukan jumlah customer lifetime value juga dapat memaksimalkan efektivitas marketing untuk bisnis startup yang sedang anda jalankan saat ini.

 
Keywords : menghitung lifetime value dari customer,meningkatkan customer lifetime value di startup,menentukan jumlah customer lifetime value,cara menghitung customer lifetime value,customer lifetime pada start