Syarat dan tata cara mendaftarkan merk dagang ke HAKI diatur oleh peraturan pemerintah No. 23 tahun 1993 tentang tata cara pendaftaran merk dagang.

Pendaftaran merk dagang di Indonesia wajib berdomisili di wilayah negara Indonesia, bukan luar negeri. Hal tersebut untuk memudahkan prosedur pendaftaran merk dagang dan juga menjamin berlakunya UU merk dagang Indonesia terhadap merk dagang yang bersangkutan karena pendaftar dianggap selalu ada di wilayah NKRI.

Objek dari HAKI adalah semua produk yang dihasilkan dari pemikiran satu orang atau lebih, seperti merk dagang, desain industri, hak cipta, penemuan alat, dll. Jika anda memiliki barang intelektual seperti itu, maka segeralah untuk mendaftarkan merk dagang ke HAKI agar dapat merasakan manfaat dari barang tersebut tanpa adanya ketakutan duplikasi atau diplagiat. Bagaimana cara mendaftarkan merk dagang ke HAKI?

syarat dan tata cara pendaftaran merk dagang berbeda-beda tergantung produk intelektual apa yang Anda buat. Dalam prinsip pendaftaran merk dagang, Anda harus mengajukan pendaftaran HAKI ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual di seluruh wilayah Indonesia dengan mencantumkan:

1. Tanggal, bulan, dan tahun ketika produk Anda dibuat hingga selesai
2. Nama lengkap, kewarganegaraan dan alamat Anda
3. Nama lengkap dan alamat kuasa hukum jika Anda memilih mengajukan merk dagang melalui kuasa hukum
4. Warna-warna apabila merk dagang yang didaftarkan itu pendaftarannya menggunakan unsur warna
5. Dll sesuai peraturan yang berlaku.

Jadi, untuk mendapatkan hak cipta. Anda harus mengisi formulir pendaftaran, melampirkan produk ciptaan beserta penjelasannya dan syarat-syarat yang lain. lalu melalui pemeriksaan administratif, maka Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJHKI) akan mengumumkan bahwa invensi terima atau ditolak.

Setelah itu, jika invensi diterima maka inventor harus melakukan permohonan uji substantif. Setelah Anda lulus uji substantif, maka DJHKI akan menerbitkan sertifikat hak paten dan mencatatnya.

Jika produk itu ciptaan dar banyak orang (kelompok), maka nama pendaftar adalah semua nama dari kelompok tersebut, namun cukup masukkan satu alamat sebagai perwakilan. Kemudia ditandatangi oleh salah satu perwakilan juga.

 
Keywords : cara mendaftarkan merk dagang ke HAKI,prinsip pendaftaran merk dagang,pendaftaran merk dagang,mendaftaran merk dagang ke HAKI,pendaftaran merk dagang di Indonesia,syarat dan tata cara pendaftaran mer