Suatu organisasi atau tim membutuhkan seorang pemimpin. Pemimpin inilah yang akan berperan menjadi penggerak dan pendorong berjalan dan berkembangnya suatu organisasi atau tim. Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah, diperlukan keterampilan dan kemampuan khusus. Seorang pemimpin yang sukses, biasanya memiliki karakteristik dan kualitas yang menjadikan ia mampu menjadi seorang pemimpin.

Kualitas yang harus dimiliki seorang pemimpin bisa dipelajari dan dikembangkan dalam diri seseorang. Sehingga setiap orang sebenarnya mampu menjadi pemimpin. Kualitas seorang pemimpin yang sukses dapat dilihat dari hasil kerja timnya yang sukses serta terjalinnya hubungan yang baik antara pemimpin dan anggota.

Pemimpin yang sukses memiliki kualitas yang terdapat dalam dirinya. Kualitas tersebut merupakan kewajiban yang harus ada dalam diri seorang pemimpin. Terdapat setidaknya 10 kualitas wajib seorang pemimpin  yang bisa dipelajari dan kemudian dikembangkan dalam diri seorang pemimpin yang sukses. Berikut ini akan dijelaskan 10 kualitas wajib yang harus dimiliki oleh pemimpin yang sukses, antara lain:

1. Santun
Sikap santun menjadi sikap mendasar yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, dapat diwujudkan dalam perbuatan dan perkataan.

2. Murah Hati
Murah hati merupakan rasa ikhlas dan tulus untuk mengorbankan segala sesuatu untuk kepentingan bersama tanpa pamrih.

3. Renda Hati
Rendah hati dalam hal ini ialah mampu membagi pikiran dan waktu antara kepentingan diri sendiri dan kepentingan bersama.

4. Empati
Seorang pemimpin harus mampu memahami apa yang sedang dirasakan oleh orang lain.

5. Mempertimbangkan
Seorang pemimpin harus mampu mempertimbangkan dampak dari sebuah keputusan tim.

6. Keberanian
Seorang pemimpin harus berani dalam mengambil sebuah keputusan , selain itu juga berani dalam menanggung segala risiko yang mungkin muncul nantinya.

7. Belas Asih
Belas asih merupakan sebuah sikap sebagai perwujudan rasa perhatian kepada semua anggota tim.

8. Integritas
Seorang pemimpin yang memiliki integritas, maka ia akan melakukan tugas dan tanggung jawabnya apapun yang terjadi.

9. Sopan
Sikap sopan dapat membantu memudahkan komunikasi dan menumbuhkan rasa saling menghormati.

10.Penyesalan
10 kualitas pemimpin yang sukses terakhir adalah penyelasan. Dalam hal ini, penyesalan adalah ketika pemimpin melakukan kesalahan maka ia tidak malu untuk meminta maaf.

Demikianlah penjelasan mengenai 10 kualitas wajib yang harus dimiliki seorang pemimpin yang sukses. Setiap orang bisa belajar menjadi seorang pemimpin yang sukses dan bisa dilakukan dengan mempraktikkan 10 kualitas di atas. 

 
Keywords : Kualitas yang harus dimiliki seorang pemimpin,10 kualitas wajib seorang pemimpin,seorang pemimpin yang sukses,10 kualitas pemimpin yang sukses,pemimpin yang sukses memiliki kualitas,Kualitas seorang