PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memberikan fasilitas e-boarding pass dalam perjalanan kereta api yang memiliki jarak terbilang jauh. Dengan fasilitas ini, penumpang kereta jarak jauh hanya memperlihatkan boarding pass elektronik di ponsel pintar tanpa harus ke mesin cetak boarding pass CIC.

Suprapto selaku Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, menjelaskan bahwa demi memperoleh e-boarding pass wajib mengunduh aplikasi KAI Acces lebih dahulum di ponsel pintar.  E-Boarding pass sudah diluncurkan sejak tanggal 2 Oktober 2017 dan cuma bisa diterbitkan khusus untuk pemesanan tiket kereta melali KAI Access pada versi terbarunya.

Suprapto mengemukakan bahwa apabila telah memperoleh e-boarding pass lewat aplikasi kai access, maka otomatis penumpang tak bisa mencetak boarding pass pada mesin CIC pada stasiun, berlaku sebaliknya. Petugas loket harus mengecek kode booking lewat menu history transaksi atau kolom kode booking di aplikasi ‘Rail Ticket System (RTS)’ demi mengetahui status pencetakan dari bukti transaksi atau blanko putih boarding pass.

 
Keywords : kai,aplikasi kai,eboarding kai