Apple dikabarkan tak akan mau menggunakan chip Qualcomm untuk iPad dan iPhone 2018 nanti. Kabar ini ternyata berefek cukup besar untuk Qualcomm. Saham Qualcomm secara drastic turun 8% selasa kemarin.

Qualcomm sudah lama menjadi pemasok komponen Apple, tetapi kemitraan itu makin merenggang saat Apple menuduh pihak Qualcomm memberikan beban biaya yang terlalu banyak untuk chip dan menolak membayar dana senilai USD 1 Miliar.

Perubahan kemitraan tersebut bila benar terjadi bakal sangat mempengaruhi iPhone yang akan diluncurkan pada musim gugur tahun depan. Walaupun demikian, Apple sendiri masih mungkin mengubah pertimbangannya.

Pada sisi lain, saham Interl akan mendapat keuntungan apabila Apple beralih ke vendor lainnya. Saham Interl dalam waktu yang sama naik 3,2% dan mencapai level paling tinggi selama 17 tahun. Sedangkan beberapa analis mempertanyakan mengenai kebijakan Apple untuk beralih dari salah satu vendor lamanya ketika perusahaan harus mendukung kembali perilisan flagship iPhone X sebab kendala teknologi. 

 
Keywords : qualcomm,bisnis qualcom,qualcom diakuisisi