PT Taspen (Persero) dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk atau Telkom sudah resmi melakukan kerjasama demi mengembangkan dan mengimplementasikan digitalisasi terkait pelayanan pembayaran pensiun untuk B2B. Maka dari itu, Taspen dan Telkom sudah menandatangani perjanjian yang dilakukan oleh Bagus Rumbogo selaku Diretur Umum Taspen dan Dian Rachmawan sebagai Direktur Enterprise & Business Service Telkom.

Dian mengungkapkan bahwa kerjasama tersebut untuk mendorong peningkatan kualitas layanan pada para pensiunan. Sedangkan Iqbal menuturkan bahwa kerjasama tersebut diharapkan bisa menghasilkan data pensiunan yang valid.

Kerjasama ini dilakukan dalam bentuk penerapan Taspen Smartcard serta pengembangan sistem e-New Dapem. Taspen Smartcard bertujuan sebagai Kartu Identitas Pensiun basis data biometric dan memiliki fungsi sebagai kartu ATM dan juga debit.

Telkom menyediakan infrastruktur ICT terintegrasi demi mendorong penerapan Taspen Smartcard dan e-New Dapem. Bukan hanya itu, Telkom juga menyediakan peralatan pendukung pendaftaran peserta, contohnya laptop, kamera, dan scanner perekam wajah, suara dan sidik jari demi autentikasi data, salah satunya status hidup pensiunan.

Telkom juga menyediakan solusi digital yakni aplikasi web-based dan jaringan supaya data dapat diakses dengan real time dari kantor cabang Taspen dan mitra-mitra bayar Taspen, salah satunya data center demi keperluan pengelolaan database.

 
Keywords : Telkom,bisnis Telkom,gadget telkom