Di era teknologi seperti sekarang ini, umumnya sangat erat dengan perangkat digital. Bukan hanya media sosial, forum lokal dan internasional di Internet juga akan di perdalam. Namun sangat penting juga untuk memberikan edukasi diri mengenai cara mengelola keuangan dengan tepat.

Cara konvensional seperti menabung memang masih dapat digunakan, namun sepertinya sudah mulai ketinggalan zaman. Sekarang semua hal beralih dengan pemanfaatan teknologi. Berikut ini merupakan beberapa tips cara kelola finansial dengan memanfaatkan teknologi.

E-wallet

E-wallet merupakan dompet digital yang dapat diakses dengan online. E-wallet ini mempunyai fungsi sebagai dompet yang selalu dibawa kemana-mana namun tidak berbentuk dompet fisik. E-wallet memungkinkan untuk membawa uang lembaran tanpa menebalkan dompet dan menghindari dari risiko kehilangan. E-wallet juga sering disebut dengan ‘e-money’.

Online banking

Dengan adanya online banking, maka urusan finansial perbankan dapat lebih mudah asal ada jaringan internet. Seluruh bank telah memiliki layanan online banking. Jadi bisa melakukan cek saldo, bayar toko online, transfer, hingga beli pulsa dapat dilakukan lewat online banking.

Aplikasi pengatur keuangan

Aplikasi keuangan bisa membantu dalam mengelola finansial, misalnya melacak pemasukan dan pengeluaran. Sehingga dapat mengedukasi siapapun untuk tahu ke mana saja uang tersebut dibelanjakan.

Investasi online

Investasi sekarang ini dapat dijalankan dengan online. Dimulai dari emas, saham, hingga reksa dana, semuanya dapat diakses melalui internet. Namun waspada jangan asal memilih penawaran yang menggiurkan. Sebab bisa saja itu hanya iming-iming belaka yang akan menyesatkan masuk ke jurang kerugian.

 
Keywords : fintech,startup,peluang startup,startup sukses