Facebook tampaknya tidak hanya menyusun strategi dalam pengembangan bisnisnya. Di sisi lain, perusahaan milik Mark Zuckerberg ini dikatakan sedang mencari tempat tinggal yang terjangkau untuk karyawannya, dengan usulan pembangunan ribuan unit rumah yang berada di dekat kantor pusatnya.

Facebook pada 7 Juli kemarin mengusulkan untuk memulai pembangunan mandiri untuk pertama kalinya. Dalam rencananya, Facebook bakal membangun 1500 unit rumah yang berada dekat dengan kantor pusatnya.

Lingkungan yang ada dikawasan San Francisco Bay tidak dilengkapi untuk masuknya ribuan orang yang bekerja di Silicon Valley. Hal tersebut membuat harga rumah dan perjalanan yang ditempuh karyawan menjadi cukup jauh.

Pengusaha yang berada di lokasi itu sudah mengatasi masalah tersebut dengan menawarkan bus yang dilengkapi internet pada karyawannya. Facebook bahkan menawarkan setidaknya insentif USD 10.000 pada karyawannya untuk tinggal lebih dekat dengan kantornya.

Facebook mau mengambil langkah lain yang sepertinya lebih jauh, dengan membangun sebuah desa di Menlo Park yang bakal menampung 1,75 juta kaki persegi untuk ruang kantor, 1500 unit rumah, dan 125.000 kaki persegi untuk ruang retail.

Bukan hanya untuk karyawannya, perusahaan juga mengungkapkan bahwa unit perumahan bakal terbuka untuk semua orang. Rumah dibangunnya dibanderol dengan biaya yang lebih terjangkau daripada harga pasar.

Facebook bukanlah satu-satunya perusahaan yang melakukan gebrakan untuk mengatasi masalah karyawannya. Perusahaan induk Google sendiri yaitu Alphabet juga diberitakan sedang membangun 300 apartemen modular untuk perumahan karyawan.

 
Keywords : facebook,facebook app,aplikasi facebook,kampung facebook