Dengan banyaknya laman web yang terbuka dalam satu waktu, peramban internet dapat menguras daya dan memboroskan baterai laptop.

Dari tiga browser populer, Firefox, Edge, dan Chrome, mana yang lebih boros dalam penggunaan baterai? Microsoft menggelar uji pada ketiga peramban tersebut di perangkat Surface Book dengan memutar video secara terus menerus.

Hasilnya tidak mengejutkan. Edge hasil buatan dari Microsoft sendiri muncul sebagai pemenang dengan membuat Surface Book bertahan menyala hingga 12,5 jam.

Sementara Firefox cuma mencatat waktu 7 jam, kemudian di susul oleh Chrome dengan waktu sekitar 9 jam.

Posting yang bersangkutan juga menjelaskan metodologi dari pengujian ketiga peramban secara lebih detail, termasuk di dalamnya penggunaan Windows 10 Creators Update yang menambah efisiensi penggunaan energi.

Hal ini bukan pertama kalinya Microsoft membuat perbandingan efisiensi daya ketiga peramban. Raksasa software itu juga melakukan hal yang sama tahun 2016 lalu, dengan hasil yang kurang lebih sama. Pada saat itu Google menjawabnya dengan meluncurkan versi baru dari Chrome yang kenyataannya masih lebih boros daripada Edge. 

 
Keywords : firefox vs edge,microsoft edge vs chrome,update microsoft edge